YOGYAKARTA — Salah satu eksistensi Gerakan Pramuka tentu dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan, baik itu kegiatan rutin yang berkaitan dengan proses pembinaan, kegiatan kompetisi, maupun kegiatan tambahan yang sifatnya inovasi dan kreasi.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh gugusdepan, satuan karya, satuan komunitas, dewan kerja, hingga tingkat kwartir pasti ada hal-hal yang perlu dipublikasikan, salah satunya sebagai media informasi, daya tarik peserta, juga pemberitahuan kepada masyarakat.
Ada banyak cara untuk mempromosikan kegiatan, dan cara terbaik akan tergantung pada jenis kegiatan, target peserta, dampak kepada masyarakat, dan juga tentunya anggaran. Promosi bisa dilakukan jauh hari sebelum kegiatan, menjelang kegiatan, saat kegiatan, hingga setelah kegiatan.
Berikut ini adalah beberapa ide untuk memulai mempromosikan kegiatan-kegiatan tersebut,
Sebelum Acara
- Membuat website atau landing page untuk kegiatan. Website atau landing page adalah tempat di mana setiap orang dapat menemukan semua informasi penting dari kegiatan Anda, seperti tanggal, waktu, lokasi, dan cara mengikutinya. Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (PusbangJusinfo Kwarda DIY) bisa membantu dalam memfasilitasi landing page ini.
- Gunakan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang kegiatan. Kita bisa membuat postingan dan kegiatan di platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Tagar yang relevan dapat menjangkau audiens yang lebih luas.
- Mengirimkan siaran pers ke media-media pramuka atau juga media lokal. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan liputan gratis untuk kegiatan. PusbangJusinfo Kwarda DIY dapat memberikan konsultasi terkait dengan hal tersebut.
- Membuat materi promosi, seperti poster dan flyer, kemudian menyebarkan materi ini di tempat-tempat di mana target audiens berkumpul. Secara fisik bisa melalui Surat Edaran, pusat informasi, atau juga dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan.
- Bermitra dan berkolaborasi dengan organisasi lain. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau audiens baru dan meningkatkan kesadaran tentang kegiatan yang akan kita lakukan. Tentu saja, sasaran kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya untuk pramuka saja, namun juga bagi masyarakat secara luas.
Selama Kegiatan Berlangsung
- Kita bisa menggunakan media sosial untuk menyiarkan secara langsung kegiatan yang dilaksanakan. Cara ini terbukti efektif untuk membuat orang tetap terlibat dan tertarik dalam mengikuti setiap agenda kegiatan.
- Mendorong peserta untuk berbagi foto dan video di media sosial. Tentu saja dengan ditambahkan tagar yang relevan, sehingga kita bisa melacaknya.
- Bilamana diperlukan, bisa membuat sebuah kontes atau giveaway untuk menarik perhatian dan dapat mengumpulkan potensi mitra atau pendukung. Kita bisa melakukan wawancarai kepada peserta dan narasumber yang kemudian dibagikan di media sosial dan website.
Setelah Kegiatan Dilaksanakan
- Sebuah hal yang masih jarang dilakukan adalah mengirimkan email ucapan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan. Menyampaikan informasi bahwa kita sangat mengapresiasi dan menghargai keikutsertaan mereka, serta memberikan informasi bagaimana mendapatkan update dari kegiatan kita.
- Kita bisa melakukan tindak lanjut atas respon, timbal balik, atau hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dilaksanakan, agar ke depannya bisa memberikan perencanaan yang lebih baik.
- Tidak lupa, kita bisa selalu membagikan umpan balik tentang kegiatan yang kita laksanakan. Hal ini akan membantu kita meningkatkan kegiatan-kegiatan mendatang.
Secara teknis, kita bisa menggunakan gambar dan video yang berkualitas tinggi untuk konten visual agar bisa lebih menarik daripada teks biasa. Bukan hanya informatif, konten-konten yang kita buat untuk mempromosikan kegiatan juga harus menarik.
Menggunakan ajakan bertindak yang jelas (Call to Action) akan memberikan informasi yang jelas, apa yang harus dilakukan pembaca setelah melihat poster atau konten terkait kegiatan yang kita buat.
Mengukur hasil adalah hal yang kadang dilupakan oleh penyelenggara kegiatan. Misalnya saja berkaitan dengan jangkauan, keterlibatan, dan konversi, sehingga kita dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.
PusbangJusinfo Kwarda DIY terus berupaya untuk mengakomodir dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Gudep, Saka, Sako, Dewan Kerja, Kwartir Cabang, maupun Kwartir Ranting. Melalui Pewarta Istimewa yang tersebar di setiap Kwartir Cabang, diharapkan dapat mengoptimalkan pemberitaan.
Fitur kirim berita bisa langsung digunakan oleh setiap anggota pramuka DIY dan dari manapun. Setiap informasi yang disampaikan akan dibantu olah dan sajikan dalam bentuk pemberitaan sebelum, saat, dan sesudah kegiatan di website Kwarda DIY dan media lainnya.
__
CST-PusbangJusinfo