YOGYAKARTA — Setiap organisasi tentu mempunyai berbagai cara untuk membuat publikasi menjadi menarik, menjangkau banyak audien, serta efektif dan efisien di era digital saat ini.
Termasuk pula Gerakan Pramuka yang notabene telah mempunyai Petunjuk Penyelenggaraan melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 229 Tahun 2007 tentang Humas Gerakan Pramuka dan menjadi panduan umumnya.
Di zaman digital ini, hal yang belum biasa dilakukan oleh Gerakan Pramuka baik dari tingkat gugusdepan hingga kwartir adalah membuat siaran pers untuk sebuah kegiatan yang dilaksanakan.
Siaran Pers bisa menjadi salah satu bentuk publikasi yang bisa disebarluaskan secara masif kepada media-media online maupun cetak yang tentunya untuk mengamplifikasi promosi ataupun dampak dari kegiatan yang dilaksanakan.
Berikut ini adalah format untuk Siaran Pers yang bisa dibuat oleh panitia atau pengelola kegiatan pramuka,
Judul: [Nama Kegiatan Pramuka] [Tagline/Tema/Slogan] [Lokasi] [Kondisi]
Tagline/Tema/Slogan, atau Lokasi, atau Kondisi merupakan pilihan untuk judul yang dimaksudkan.
[Kota, Tanggal]: Kwartir [Nama Kwartir] Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan kegiatan [Nama Kegiatan Pramuka] yang akan/telah dilaksanakan pada [Tanggal] hingga [Tanggal] di [Lokasi Kegiatan]. Kegiatan ini bertujuan untuk [Isi dengan tujuan umum]. [Deskripsi Singkat Kegiatan]:Kegiatan ini akan diikuti oleh [Jumlah Peserta] peserta dari [Tingkat Pendidikan/Usia Peserta]. Berbagai kegiatan menarik akan dilaksanakan, seperti [Sebutkan Beberapa Kegiatan]. Para peserta juga akan mendapatkan [Sebutkan Sub Kegiatan].
[Narasi Manfaat Kegiatan]Kegiatan ini diharapkan dapat: ….
[Kutipan]Disi dengan misalnya mengutip pernyataan ketua panitia, ketua mabigus, pimpinan saka, atau pejabat terkait lainnya yang terkorelasi dengan kegiatan.
[Pesan Penutup] Bisa berisi terkait profil singkat satuan, misalnya gugusdepan apa, atau ambalan apa, atau juga bisa kalimat lain yang menutup pemberitaan. [Kontak Media]: [Nama Narahubung] [Jabatan] [Nomor Telepon] [Email]Silakan dikirimkan ke redaksi-redaksi media online minimal yang ada di daerah sekitar kita. Atau, siaran pers tersebut bisa langsung dikirim ke email [email protected] , bisa juga melalui laman kirim berita.
Pengiriman pada email-email redaksi tentu perlu disertai dengan foto pendukung (misalnya pembukaan) atau infografis yang sederhana (jika kegiatan akan berlangsung) yang bisa mewakili isi siaran pers.
__
CST-PusbangJusinfo