YOGYAKARTA — Perkemahan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PPBK) Nasional Tahun 2025 akan digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 13 sampai dengan 19 Agustus 2025 mendatang.
Informasi tersebut tertuang dalam Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perkemahan Pramuka Berkebutuhan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2025 sebagaimana Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka Nomor 11 Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Kwartir Naisonal.
Kegiatan untuk Pramuka Berkebutuhan Khusus tingkat Nasional ini mengusung tema Taklukan Tantangan, Raihlah Mimpi dan Berprestasi. Diharapkan para peserta dapat memiliki sifat keberanian, punya cita-cita yang tinggi, serta dapat menorehkan berbagai prestasi dengan segala kemampuannya.
Berikut adalah 4 Tahap Pendaftaran Peserta PPBK Nasional 2025,
- Tahap I, 13 s.d 31 Januari 2025, Kwartir Daerah menyerahkan form kesediaan Kwartir Daerah mengikuti PPBK Nasional 2025 sesuai formulir 01/PPBK yang dikirimkan melalui email [email protected]
- Tahap II, 1 Februari s.d 31 Mei 2025 Kwartir daerah melakukan penginputan data Peserta, Bindamping dan Pinkonda melalui aplikasi AyoPramuka Kwarnas
- Tahap III, 1 Februari s.d 31 Juni 2025 kwartir daerah melakukan Pembayaran fee peserta, bindamping dan pinkonda melalui rekening Kwarnas Bank BRI KCK Jakarta dengan nomor rekening 0206-01-002553-30.6.
Selanjutnya kwartir daerah melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti pembayaran melalui email : [email protected] dengan subject Bukti Pembayaran PPBK Nasional 2025 Kwarda ….(nama Kwarda)
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, c.q. Panitia PPBK Nasional 2025 tidak menerima biaya pendaftaran dengan metode tunai, metode pembayaran uang dilakukan melalui setoran teller bank.
- Tahap IV, 13 Agustus 2025 berlokasi di Sekretariat Binkemin Cibubur
- Pendaftaran dilakukan oleh Pinkonda
- Diterima oleh petugas pendaftaran yang terdiri atas:
a) Bagian administrasi pendaftaran
b) Bagian keuangan
c) Bagian perlengkapan
Prosedur sebagai berikut:
- Pinkonda melapor kepada petugas bagian administrasi pendaftaran
- Bukti transfer atau resi pembayaran dari Bank (asli) untuk diganti dengan kwitansi dari Panitia PPBK Nasional 2025.
- Pinkonda menerima perlengkapan dan perbekalan, tanda pengenal, atribut dan lain-lain.
Sebagaimana Petunjuk Pelaksanaan PPBK Nasional 2025, kegiatan ini akan dimeriahkan oleh 2 Regu PBK Penggalang Putra, 2 Regu PBK Penggalang Putri, 2 Sangga PBK Penggalang Putra, 2 Sangga PBK Penggalang putri.
Kemudian 5 pembina pendamping setiap regu atau sangga, serta pimpinan kontingen daerah, dan dokter kontingen dari masing-masing Kwartir Daerah. (cst)