YOGYAKARTA — Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY), Kak Sri Budoyo turut hadir pada Forum Konsultasi Publik dengan tema “Pelayanan Publik kepada Masyarakat melalui 9 Jenis Layanan.”
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) di Yogyakarta tersebut berlangsung pada Senin, 23 September 2024 di Ruang Ashwini III, Hotel Tara, Yogyakarta.
Forum Konsultasi Publik ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pelayanan BB POM di Yogyakarta yang telah mendapatkan predikat WBK-WBBM dan Pelayanan Prima dari Kemenpan-RB.
Dalam sambutannya, Kepala BBPOM di Yogyakarta, Kak Bagus Heri Purnomo, S.Si., Apt. menyampaikan bahwa BBPOM di Yogyakarta telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik antara lain dengan meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat melalui 9 jenis layanan.
“BB POM di Yogyakarta sendiri telah berhasil memperoleh predikat: (1). WBK tahun 2019, WBBM tahun 2021 dari Kemenpan RB; (2). Pelayanan Prima tahun 2022 dari Kemenpan RB; (3). Anugerah Customer Protection Award kategori Gold tahun 2021 dari BPKN; (4). Unit Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Srana Prasarana Kelompok Rentan Tahun 2023,” jelas Kak Bagus.
Pihaknya menjelaskan sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, serta Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik, BPOM selaku institusi yang memiliki fungsi sebagai Pelayanan Publik, diwajibkan untuk mengikutsertakan masyarakat dalam melaksanakan fungsinya tersebut.
Menurutnya, masyarakat perlu diberi kesempatan untuk mengusulkan, memberi masukan dan saran atas layanan yang diterima selaku pengguna layanan.
“Melalui forum konsultasi publik ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber masukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik Balai Besar POM di Yogyakarta, mewujudkan akuntabilitas kinerja, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Badan Pengawas Obat dan Makanan dan meningkatkan kerja sama dengan lintas sektor, organisasi kemasyarakatan, serta akademisi,” harap Kak Bagus.
Kak Bagus juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para perwakilan akademisi/ahli, lintas sektor, organisasi masyarakat sipil, pengguna layanan dan media serta berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
Setelah memberikan sambutan, Kepala BBPOM di Yogyakarta penyampaian materi Pelayanan Publik BBPOM di Yogyakarta dilanjutkan dengan tanggapan dari akademisi/ahli/praktisi dan diskusi.
Pada akhir kegiatan dilakukan penyusunan Berita Acara Forum Konsultasi Publik BBPOM di Yogyakarta dan penandatangan Berita Acara oleh perwakilan unsur akademisi/ahli/praktisi, stakeholder, organisasi masyarakat sipil, media massa, dan pengguna layanan.
Sebagai wujud komitmen bersama, Sekretaris Kwarda DIY juga turut menandatangani Berita Acara yang telah disusun mewakili unsur stakeholder.