JAKARTA — Materi Kepemimpinan : Strategi Institutional Branding menjadi materi pertama pada kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan dan Informatika Tingkat Nasional Tahun 2024 yang disampaikan oleh Kak Bachtiar Utomo, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional.
Bertempat di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, Jakarta Timur, Kak Bachtiar mengawali paparannya dengan menjelaskan strategi upaya membangun Humas serta Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Gerakan Pramuka.
Dalam paparanya tersebut, Kak Bachtiar menginformasikan bagaimana kondisi humas dan pusdatin saat ini, apa saja faktor yang mempengaruhi kinerja, siapa saja yang terlibat dalam setiap proses, output, serta outcome nya.
Kemudian Kak Bachtiar menyampaikan tugas dan fungsi Humas serta Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kwarnas beserta area kerjanya yang dilanjutkan dengan penjabaran agenda strategis Gerakan Pramuka masa bakti 2024-2028 dalam mewujudkan visi misi melalui kehumasan.

Setidaknya ada tiga tujuan strategis yang ia sampaikan. Yaitu mengembangkan desain komunikasi publik Gerakan Pramuka berbasis konten dan media multiplatform; Meningkatkan partisipasi anggota Gerakan Pramuka dan Masyarakat terhadap program Komunikasi Publik; Meningkatkan perhatian dan kepercayaan publik terhadap pembinaan kepramukaan.
Hal tersebut disampaikan melalui informasi dan edukasi yang komprehensif, terpercaya, dan berkelanjutan, serta berbasis media multiplatform.
Kak Bachtiar menyebutkan pentingnya melakukan rebranding dalam kehumasan Gerakan Pramuka, melanjutkan program Setiap Pramuka adalah Pewarta, menjadikan Media dan Insan Pers sebagai Program Sahabat Pramuka, mengoptimalkan berbagai media, pembuatan konten, serta memperkuat penggunaan Website Kwarnas.
Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan tambahan materi terkait dengan kepemimpinan. Ciri umum pemimpin, sifat pemimpin, gaya kepemimpinan, dan beberapa hal lainnya terkait dengan kepemimpinan. (cst)