YOGYAKARTA — Dalam stan pameran dan tenants di Festval Pramuka Jogja (FPJ) yang berlangsung pada 27 – 28 Juli 2024 di Buper Taman Tunas Wiguna Babarsari, ada salah satu stan bernama Global Corner. Stan ini menyajikan segala informasi terkait kepanduan global serta aneka initiative dan programnya.
Informasi terkait ekosistem digital WOSM, hingga bagaimana kita bisa mengeksplorasinya, tersaji di sudut-sudut stan Global Corner.
Dari informasi laman Scout.org, Treehouse, hingga platform Scouts for SDGs, dijelaskan apa saja yang bisa Pramuka dan pandu sedunia lakukan di laman-laman tersebut. Contohnya, Scouts for SDGs menjadi laman berbagi dan unggah proyek sosial terkait SDGs yang akan dihitung service hours atau jam baktinya.
Selain itu, yang menjadi aktivitas menarik di stan Global Corner ini ialah board game bertema Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Berkonsep mirip dadu ular tangga, permainan ini mengajak pengunjung stan untuk bermain sambil belajar mengenai SDGs.
Permainan ini seperti perjalanan menuju tahun 2030, dengan berbagai poin SDGs di sepanjang perjalanan. Tiap kali pemain menyentuh salah satu poin, ada pertanyaan pembelajaran yang perlu dijawab. Tanya dan jawab ini juga menjadi bahan diskusi lebih lanjut terkait apa yang bisa Pramuka lakukan pada topik tersebut.
Permainan dipandu oleh penjaga stan Global Corner yang terdiri dari anggota Pramuka SMAN 9 Yogyakarta dan Pramuka UGM, yang kebetulan keduanya memiliki inisiatif dan proyek khusus terkait SDGs di gugus depannya.
Pramuka UGM, memiliki unit Lokalogi, yang berfokus pada respons terhadap isu sampah. Sedangkan SMAN 9 Yogyakarta memiliki proyek yang berkaitan dengan SDGs poin keenam.
Selesai dari permainan, maupun keluar dari stan, harapannya pengunjung tertarik untuk mengeksplorasi informasi kepanduan dunia, mempelajari lebih lanjut tentang SDGs, hingga melakukan aksi berdampak.