YOGYAKARTA — Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Raimuna Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Raimuna DIY) 2024 telah disampaikan kepada seluruh Ketua Kwartir Cabang se-DIY melalui Surat Kwartir Daerah.
Raimuna DIY 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 25 Agustus 2024 di Bumi Perkemahan Candi Banyunibo, Sleman, Yogyakarta.
Dalam Juklak juga telah disebutkan secara rinci administrasi Raimuna DIY 2024 yang terdiri atas pengolahan data, penyediaan kebutuhan administrasi bagi semua unsur yang terlibat, pendaftaran, penyelesaian administrasi dari peserta, kontingen, panitia penyelenggara dan panitia pelaksana dengan menggunakan dokumen digital.
Adapun tahapan pendaftaran kontingen dalam mengikuti Raimuna DIY 2024 yang mengusung tema Pramuka Istimewa Beraksi Nayata, Lestarikan Budaya, Menggapai Cakrawala tersebut terdiri dari 3 tahap yang akan laksanakan secara online.
Tahap I
Kwartir Cabang mengirimkan surat pernyataan kesediaan Kwartir Cabang untuk mengikuti Kegiatan Raimuna Daerah Tahun 2024 melalui link: bit.ly/KesediaanIkutSertaRAIMUNADIY24 paling lambat pada tanggal 18 Juli 2024.
Tahap II
Kwartir Cabang melakukan pendaftaran peserta dan unsur kontingen pada tanggal 28 Juli 2024 melalui link:
- Peserta: bit.ly/RegistrasiPesertaRaimunaDIY24
- Unsur Kontingen: bit.ly/RegistrasiUnsurKontingenRaimunaDIY
Tahap III
- Kwartir Cabang melakukan pembayaran Camp Fee kontingen melalui Rekening Bank Mandiri 1370013007410 a.n. Kwartir Daerah XII Gerakan Pramuka DIY
- Menuliskan keterangan pada berita transfer: Fee Raimuna DIY Tahun 2024, (asal kwarcab), (jumlah orang).
- Sangga kerja tidak menerima pembayaran tunai secara langsung saat Pendaftaran Ulang.
- Bukti Pembayaran diunggah pada formulir pendaftaran unsur kontingen dan bukti transfer yang asli diserahkan pada saat pendaftaran ulang di sekretariat Raimuna DIY Tahun 2024 dan akan di tukarkan dengan kwitansi pembayaran Camp Fee.
Tahap IV
Pendaftaran ulang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2024 di Sekretariat Raimuna DIY Tahun 2024, melalui Pimpinan Kontingen Cabang, dengan:
- Membawa:
- Surat Tugas dari Kwarcab bertinta basah
- Bukti Transfer Asli Pembayaran Camp Fee
- SPPD (jika ada)
- Menerima:
- Kelengkapan Peserta
- Kelengkapan Kontingen
- Administrasi Kegiatan
- Menjalani pemeriksaan ulang seluruh administrasi & kebutuhan peserta serta kontingen.

Diketahui bahwa pertemuan akbar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Daerah ini akan diikuti oleh kontingen Cabang dengan jumlah perkiraan total peserta ada 560 orang. Yaitu 112 peserta per cabang atau 7 umpi putra dan 7 umpi putri per cabangnya.
Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan, memperkuat persatuan, melestarikan budaya, dan meningkatkan kualitas Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Daerah, sebagai bekal dalam rangka menyongsong masa depan. (cst)